NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Nilai-nilai Seorang Guru penggerak
Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh calon guru penggerak :
1. Mandiri
2. Reflektif
3. Kolaboratif
4. Inovatif
5. Berpihak pada murid
Peran Guru Penggerak
Peran sebagai calon guru penggerak yang harus dilaksanakan :
1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran
2. Menggerakkan Komunitas Praktisi
3. Menjadi Coach Bagi Guru Lain
4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru
5. Mewujudkan Kepemimpinan Murid
Profil Pelajar Pancasila
Keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara
Nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hajar Dewantara memiliki keterkaitan yang sangat erat dan sangat relevansi dalam pendidikan saat ini dan bahkan mungkin sampai masa depan. Pemikiran-pemikiran atau filosofi Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan itu antara lain:
- Menuntun kekuatan kodrat alam dan
jaman menjadi selamat dan bahagia
- Kodrat anak yang merdeka, bermain
- Merdeka : secara lahir dan batin. (merdeka lahir melalui pengajaran dan merdeka batin melalui pendidikan).
- Pendidikan berhamba pada anak (berpusat pada anak).
- Anak lahir bukan Tabularasa. Anak lahir dengan kekuatan kodrat sudah memiliki potensi yang masih samar-samar. Tugas kita sebagai pendidik adalah menebalkan potensi atau kekuatan untuk memperbaiki laku hidupnya.
- Budi pekerti bersatunya pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga/semangat. Budi (cipta, rasa dan karsa) dan pekerti adalah kekuatan.
- Pendidik itu seperti petani menanam jagung (antara
bibit/anak dan lahan/lingkungan pendidikan) bagaimana merawat dan menjaga agar
tumbuh kembang menjadi jagung yang baik. Bukan menjadi padi.
- Relevansi (menuntun : kolaborasi,
inovasi, komunikatif, kreatif, kritis) dan (selamat dan bahagia : wellbeing)
- Guru dan murid berkolaborasi menciptakan kedalaman spriritual, intelektual, sosial untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan (kesejahteraan).
Guru Penggerak harus secara sadar menguatkan Profil Pelajar Pancasila dengan mengejawantahkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak dalam dirinya demi menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya.
Strategi yang bisa dlakukan untuk mencapai nilai Reflektif dan Inovatif.
Pihak-pihak yang dapat membantu dalam mencapai peran dan nilai
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon